Bloggersholic Notice:

Sebentar lagi Bloggersholic akan mempunyai nama domain sendiri...

Lindungilah alamat email anda dari spambot!


Pengguna Blogger seringkali ingin menampilkan alamat emailnya untuk memudahkan komunikasi dengan pembaca blognya secara langsung. Tapi menampilkan alamat email pada blog anda beresiko terkena spambot, yang selalu menyaring di search engine dengan caranya untuk menyimpan data alamat email pada database mereka.

Saya akan menunjukkan cara untuk masalah ini, cara favorit saya adalah memakai javascript, yang menunjukkan pada spambot bahwa alamat email anda “rusak/broken” bila dibaca dengan kode source.

Gunakan tool “email scrambler” dari Blogflux.com yang secara otomatis menghasilkan javascript yang dibutuhkan menggunakan alamat email anda, dan juga menampilkan bagian noscript pada browser yang tidak dapat membaca javasript.


Anda cukup mendaftarkan alamat email anda. Lalu tulis teks yang ingin anda tampilkan pada link email anda (misalnya: “Send me an email”), dan klik tab “Scramble email link”. Anda akan diberikan kode yang dapat anda copy-paste pada bagian template yang ingin ditampilkan.

Setelah anda save, arahkan mouse anda ke kode link email:
  • Jika anda browser anda menampilkan javasript, anda akan melihat petunjuk link “mailto:alamatemailanda”.
  • Jika tidak ada, link akan terlihat seperti “emailanda[AT]domain[DOT]com”. Dimana spambot tidak dapat membaca alamat email seperti ini.

Sebenarnya ada cara yang lebih mudah sih, seperti menambahkan spasi atau simbol alternatif pada kode html alamat email anda.

Namaemail @ domain . com
Namaemail[AT]domain[dot]com

Cara ini akan membantu melindungi alamat email anda dari para spammer ketika anda menampilkan alamat email di blog anda.

Satu hal lagi alamat email anda dapat “dicuri” ketika anda berkomentar di message board dan forum jika memposting secara normal, jadi selalu lindungi email anda ketika anda memutuskan untuk mempostingnya!

0 comments:

Posting Komentar